Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu, Nasdem Gunakan Jurus Perang Antarkota

Kompas.com - 17/12/2012, 17:18 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Patrice Rio Capella mengatakan, partainya memiliki resep tersendiri untuk memenangkan pemilihan umum legislatif pada 2014. Nasdem akan memanfaatkan potensi tokoh daerah dengan menjadi calon legislatif.

"Kita siapkan tokoh-tokoh itu untuk Nasdem mendapatkan kursi. Strategi yang kita lakukan adalah perang antarkota," kata Rio di kantor Penaone, Jakarta, Senin (17/12/2012).

Rio mengatakan, perang antarkota itu terjadi karena tokoh nasional yang dapat mengerek suara partai sangat minim. Menurutnya, pemilih di daerah tidak mengenal tokoh yang berasal dari kepengurusan pusat. Oleh sebab itu, Nasdem akan memanfaatkan tokoh yang dikenal luas di daerah guna menarik suara pemilih. Perang tersebut ditujukan agar Nasdem dapat bersaing dengan partai lain yang memanfaatkan tokoh nasional di daerah.

"Kita akan menyiapkan para caleg dari 2 sampai 3 bulan mendatang. Itu membutuhkan sekitar 500-an caleg dari Nasdem yang bertarung dalam pemilu," ujarnya.

Ia menyebutkan, sebaran demografi di setiap daerah dalam memperebutkan kursi legislatif berbeda-beda. Maka dari itu, Nasdem akan mempersiapkan beberapa tokoh daerah untuk menjadi caleg. Rio menambahkan, Nasdem memiliki peluang mendulang banyak suara di pemilu melalui cara tersebut.

Pemilu legislatif akan dimulai pada 9 April 2014. Hingga kini KPU masih melakukan tahapan verifikasi faktual terhadap 34 partai politik. Pengumuman keikutsertaan parpol dalam pemilu akan diumumkan pada 8 Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com