Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Sondakh Menyesal Masuk Politik

Kompas.com - 15/12/2012, 02:31 WIB

Jakarta, Kompas - Persidangan kasus dugaan korupsi penggiringan anggaran proyek di Kementerian Pendidikan Nasional serta Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jumat (14/12) di pengadilan tindak pidana korupsi, dengan terdakwa Angelina Sondakh hampir berakhir. Jumat kemarin agenda sidang pemeriksaan terdakwa.

Menjelang sidang berakhir, Angie, panggilan akrab Angelina, menyatakan menyesal. Namun, mantan Putri Indonesia 2001 ini bukan menyesali perbuatannya, melainkan menyesal telah masuk ke dunia politik.

”Yang jelas, saya menyesal masuk politik Yang Mulia,” jawab Angie ketika ditanya Ketua Majelis Hakim Sujatmiko.

Seusai pemeriksaan barang bukti, Angie meminta waktu untuk bicara. ”Saya juga menyesal telah mengenal Nazaruddin (M Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat) dan menyesal telah memperkenalkan Rosa (Mindo Rosalina Manulang, mantan Direktur Pemasaran PT Anugerah Nusantara) dengan Haris (Haris Iskandar, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud),” ujarnya.

Sebelumnya, hakim mencecar Angie seputar perkenalan Angie dengan Nazaruddin, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dengan Rosa, dan terakhir langkah Angie memperkenalkan Rosa dengan Haris. Rangkaian peristiwa itu dianggap hakim penting dibuktikan karena dianggap awal dari pembahasan proyek-proyek di Kemendiknas waktu itu.

Namun, Angie selalu mengelak ketika ditanya apa saja yang dibicarakannya dengan Rosa dan dengan Haris. Angie selalu menjawab lupa jika ditanya substansi pertemuan mereka.

”Ini konteksnya apa kok perkenalan Rosa dan Haris melalui Saudara?” tanya Sujatmiko.

”Saya kan di Komisi X, jadi sering diminta kenalkan orang,” jawab Angie.

”Kenapa Rosa diperkenalkan ke Haris?” tanya Sujatmiko. ”Saya tidak paham, yang saya paham Rosa kerja untuk Nazaruddin,” jawab Angie.

”Apa perkenalan itu ada hubungannya dengan DPR?” tanya Sujatmiko lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com