Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejahatan Sesama Jenis Meningkat

Kompas.com - 11/12/2012, 22:59 WIB
Pieter P Gero

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Satu dari lima laporan kejadian kejahatan di Amerika Serikat pada tahun 2011 berkaitan dengan kaum gay dan lesbian. Kejahatan berencana di AS dalam setahun ini mencapai 6.222 kasus.

Kantor berita AFP, Selasa (11/12/2012), mengutip data Biro Investigasi Federal (FBI) AS yang disiarkan hari Senin, menyebutkan, terjadi 6.222 kasus kriminal di AS sepanjang tahun 2011, turun tipis dari 6.628 kasus pada tahun 2010.

Dari kasus kriminal ini, tercatat 7.713 korban dan 5.733 penyerang. Sekitar setengah atau 46,9 persen dari insiden ini dimotivasi kasus rasial.

Namun, pertama kali, kriminal terhadap individu disebabkan orientasi seksual, khususnya sesama jenis, menduduki posisi kedua, yakni 20,8 persen, dan kasus kriminal berorientasi keagamaan sekitar 19,8 persen.

Kasus kriminal berkaitan dengan masalah seks ini terutama berhubungan dengan para gay dan lesbian. Data ini muncul setelah mahkamah tinggi AS mempertimbangkan untuk melegalisasi perkawinan sesama jenis. Perkawinan sesama jenis ini sudah disetujui di sembilan negara bagian di AS, tetapi dilarang di 38 negara bagian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com