Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang 3 Dusun di Yogyakarta

Kompas.com - 07/12/2012, 19:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan rumah di Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, rusak berat akibat diterjang puting beliung sekitar pukul 13.30, Jumat (7/12/2012).

Menurut Jaya Wardhana, warga Dukuhsari, Purwomartani, puting beliung awalnya terlihat datang dari arah utara sekitar daerah Sidorejo, lalu mengarah ke selatan.

"Langit terlihat mendung gelap tapi tidak hujan. Tiba-tiba angin kencang dari arah utara menyapu ke selatan. Getarannya sampai memecahkan kaca dan menerbangkan atap rumah. Warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri," kata Jaya, yang atap rumahnya juga ambruk terbawa puting beliung.

Kapolsek Kalasan Kompol Suparjo saat ditemui di lokasi bencana mengatakan ada sekitar tiga dusun yang terkena puting beliung, yakni Ngadisoko, Sambiroto, dan Bromonilan. Sebagian besar rumah mengalami kerusakan pada bagian atap.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian puting beliung ini. Hanya beberapa warga mengalami luka-luka karena tertimpa genteng dan seng," paparnya.

Beberapa anggota kepolisian dan tim relawan masih berupaya membersihkan pohon-pohon tumbang yang menimpa rumah warga. Untuk sementara listrik di daerah Purwomartani dimatikan.

"Saat ini, anggota kepolisian bersama relawan sedang berupaya membersihkan pohon yang menimpa rumah dan yang ambruk ke jalan. Kami tetap akan berjaga di sini untuk menjaga keamanan, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena listrik masih dimatikan," ungkapnya.

Saat ini lokasi yang terkena bencana puting beliung masih ramai didatangi warga sehingga jalan menuju Desa Purwomartani dan sebalinya tampak macet total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com