Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Hari Antikorupsi, Mahasiswa Bentrok dengan Polisi

Kompas.com - 07/12/2012, 11:32 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Belasan mahasiswa yang berunjuk rasa memperingati Hari Antikorupsi Internasional di halaman Balaikota Kediri, Jawa Timur, Jumat (7/12/2012), terlibat bentrok dengan polisi.

Mahasiswa yang berasal dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah itu memaksa masuk Balaikota yang dijaga ketat aparat. Mereka mendorong-dorong pintu gerbang yang terbuat dari pagar besi serta terus berteriak meminta para pejabatnya keluar. Bahkan mahasiswa sempat memblokir Jalan R.A Kartini sehingga membuat arus lalu lintas yang kebetulan memasuki jam sibuk itu macet, polisi pun mengurainya.

Kericuhan memasuki puncaknya saat para mahasiswa semakin bersikeras masuk areal Balaikota dan polisi menghalaunya dengan mengamankan peserta yang dianggap provokator. Aksi baru mereda saat beberapa pejabat menemui massa dan massa menyampaikan aspirasinya.

Koordinator aksi, Haris mengatakan, massa hanya ingin mempertanyakan lambannya proses pemberantasan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Menurutnya, kasus pembangunan rumah sakit Gambiran II sudah ada penetapan tiga tersangka namun belum ada penahanan terhadapnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kota, Agus Wahyudi mengatakan pihaknya mendukung pemberantasan korupsi dan menyerahkan sepenuhnya kasus korupsi kepada pihak kepolisian.

Setelah mendapat jawaban dari pejabat, massa yang terlihat masih kecewa kemudian membubarkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com