Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang Kediri, 29 Rumah Rusak

Kompas.com - 05/12/2012, 16:06 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Sedikitnya 29 rumah di Dusun Pesantren, Desa Janti, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, rusak akibat diterjang puting beliung yang melanda wilayah tersebut, Selasa (4/12/2012) sore kemarin.

Dari 29 rumah itu, kerusakan berat terjadi pada rumah Arif dan Amnan. Bahkan rumah Arif seluruh atapnya ambrol dan beberapa dinding tembok ambrol akibat tertimpa pohon tumbang. Selain itu, bangunan tempat parkir sebuah SMA di kecamatan itu juga ambruk tertiup angin.

Salah seorang warga Dusun Pesantren mengatakan, angin disertai hujan deras itu mulai berembus sekitar pukul 15.00, dan terjadi hanya sekitar 30 menit. Kencangnya angin cukup membuat suasana mencekam dan membuat warga ketakutan. "Anginnya datang dari arah selatan, kencang banget," kata Siti Anisah, salah satu warga, Rabu (5/12/2012).

Camat Papar Sutanto mengatakan,  pihaknya saat ini tengah melakukan inventarisasi kerusakan. Meskipun tidak ada korban jiwa,  bencana itu menyebabkan kerugian materiil hingga seratusan juta rupiah. Sutanto menyatakan, pihaknya akan mengajukan bantuan kepada pemerintah daerah agar para warga dapat segera beraktivitas secara normal. "Kami akan sampaikan ke Bupati," kata Sutanto.

Hari ini, para warga yang dibantu personel kepolisian dan aparat TNI bergotong royong membersihkan sampah dan puing bangunan yang rusak diterjang puting beliung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com