Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Merauke Tenang, Tak Ada Gejolak

Kompas.com - 01/12/2012, 14:57 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Kondisi Kabupaten Merauke, Papua, tenang pada 1 Desember, hari yang diklaim sebagai peringatan hari kemerdekaan Papua. Tidak ada gejolak keamanan ataupun aksi pengibaran Bintang Kejora, Sabtu (1/12/2012).

Kepala Kepolisian Resor Merauke Ajun Komisaris Besar Patrige Renwarin, saat bertemu tokoh adat, tokoh masyarakat, aktivis perempuan dan pemuda, mengajak semua pihak menjaga situasi keamanan di Merauke seperti selama ini.

Menurut Patrige, kondisi Merauke berbeda dengan wilayah lain di Papua. Tidak ada saling curiga di antara masyarakat, polisi, dan TNI.

Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malind Anim Alberth Gebze Moyuend mengatakan, masyarakat adat Marind di Merauke tidak akan terpancing isu-isu menjelang dan setelah 1 Desember.

Ketua Dewan Adat Papua Wilayah Selatan Stanislaus Gebze memastikan tidak ada pengibaran Bintang Kejora pada 1 Desember di wilayah Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat. Bila ada pengibaran Bintang Kejora, itu merupakan provokasi yang dilakukan pihak lain dari luar wilayah selatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com