Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerang Polsek Pirime Berjumlah 50 Orang

Kompas.com - 28/11/2012, 12:54 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar mengungkapkan, pelaku penyerangan Polsek Pirime, Kabupaten Lany Jaya, Papua, berkisar 50 orang. Gerombolan bersenjata tersebut melakukan penembakan dan pembakaran Polsek hingga menewaskan tiga anggota Polsek Pirime, termasuk Kepala Polsek.

"Kita duga ini estimasi pelakunya lebih kurang 50 orang dengan melakukan pembakaran, dan juga penembakan pada petugas yang ada di sana," ujar Boy di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Boy menerangkan, kelompok bersenjata tersebut diduga kuat terlibat aksi penembakan misterius pada peristiwa sebelumnya di Papua. Namun, Boy belum dapat menyimpulkan hal itu terkait Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Hasil penyelidikan yang kita lakukan, diduga kuat kelompok atau gerombolan bersenjata yang selama ini melakukan kekacauan dan aksi-aksi kekerasan, baik itu pada warga sipil, maupun pihak petugas," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga orang tewas dalam penyerangan pada Selasa (27/11/2012). Ketiganya adalah Kepala Polsek Iptu Rofli Takubesi dan dua anggotanya, Briptu Daniel Makuker dan Briptu Jefri Rumkorem. Ketiganya mengalami luka tembak dan luka bakar. Sementara itu, satu anggota lainnya selamat karena melarikan diri. Dalam penyerangan tersebut, pelaku juga merampas revolver milik Kepala Polsek dan dua senjata laras panjang. Boy mengatakan, ketiga jenazah telah dikembalikan kepada pihak keluarga. Kepala Polsek dibawa ke kampung halamannya di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Saat ini kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com