Kompas.com - 28/11/2012, 09:11 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Operasi Zebra 2012 digelar mulai hari ini hingga 11 Desember mendatang di wilayah hukum Kepolisian Daerah Metro Jaya yang meliputi seluruh Jakarta, Bekasi Kabupaten dan Kota, Tangerang Kabupaten dan Kota, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Depok.

Selain penertiban dan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas, operasi juga akan berupaya mengembalikan fungsi trotoar.

Berikut adalah data dan rincian mengenai operasi itu:

Personel yang terlibat: 2.896 orang, terdiri dari:
* Mapolda: 1.634 personel
* Satgasres: 1.262 personel

* Tujuan:
Terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar dengan indikator menurunnya jumlah kecelakaan, baik kualitas maupun kuantitas; meningkatnya kepatuhandan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas; terciptanya kepercayaan masyarakat tergadap Polri dengan membangun opini melalui penegakan hukum lalu lintas secara profesional dan proporsional.

* Pola Operasi:
1. Pre Emtive: 40 persen
2. Preventive: 40 persen
3. Represive: 20  persen

* Sasaran:
Pengembalian fungsi trotoar, penertiban parkir on street, sosialisasi lajur kiri, sterilisasi jalur bus transjakarta, sosialisasi lawan arus, penertiban penggunaan rotator/sirine pada kendaraan pribadi, kendaraan yang menggunakan TNKB tak sesuai spesifikasi teknis.

Target: tidak ada komplain terhadap semua jenis pelayanan di bidang lalu lintas, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas, meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap pelayanan lalu lintas, pengembalian fungsi trotoar di 13 lokasi, dan penertiban parkir on street di 18 lokasi, sosialisasi lajur kiri di 13 lokasi, sterilisasi jalur bus transjakarta di 10 lokasi, penindakan pelanggaran oleh angkutan umum di 18 lokasi, pengamanan lokasi rawan kecelakaan di 22 lokasi, serta pengaturan kawasan rawan kemacetan di 21 lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.