Kompas.com - 27/11/2012, 17:30 WIB
|
EditorRusdi Amral

MATARAM, KOMPAS.com - Kota Ampenan dan eks Pelabuhan Ampenan, Lombok, di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan sumbangan bagi sejarah peradaban bahari di nusantara, karena pelabuhan ini sebagai jalur persinggahan kapal dagang dari dalam dan luar negeri.

Kedudukan Ampenan di masa lampau, seperti dikatakan Tri Budiprayitno, Kepala Bagian Humas Pemprov NTB, Selasa (27/11/2012) di Mataram, menjadi obyek kunjungan dan kajian para peserta Arung Sejarah Bahari VII yang berlangsung 26-30 November 2012, yang dibuka Sekertaris Daerah NTB, M Nur. Senin (26/11/2012) di Mataram.

Ampenan adalah kota tua yang masih menyisakan toko-toko bergaya arsitektur Portugis dan Spanyol, dihuni warga berbagai keturanan etnis seperti keturunan Bugis, Banjarmasin, Palembang, Jawa, Arab dan China, sehingga tempat mereka disebut Kampung Melayu, Kampung Banjar dan lainnya.

"Dari dunia bahari, sekitar tahun 1880, Pelabuhan Ampenan menjadi rute pelayaran perdagangan kapal di dalam negeri dari Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera (Riau), Sulawesi (Makassar) dan Maluku, juga jalur pelayaran internasional yang disinggahi kapal antara lain dari Singapura, Filipina, China, Benggala (India), Kepulauan Mauritius, New South Wales, Australia," kata Tri Budiprayitno.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.