Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakob Oetama: Banyak Sarjana, Kemiskinan Lenyap

Kompas.com - 24/11/2012, 10:52 WIB
Aditya Revianur

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Pendiri Harian Kompas Jakob Oetama menyatakan, semakin banyak sarjana seharusnya membuat kemiskinan lenyap. Pasalnya, kewajiban seorang sarjana adalah mengentaskan kemiskinan.

"Kita yang punya kelebihan di bidang ilmu, memiliki tanggung jawab lebih besar memajukan rakyat, bangsa dan negara," kata Jakob dalam acara wisuda Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Kampus UMN, Serpong, Banten, Sabtu (24/11/2012).

Jakob mengatakan, tugas seorang sarjana adalah mewujudkan masyarakat serba kecukupan. Hal itu, terangnya, sesuai dengan amanat perjuangan pendiri bangsa. Para pendiri bangsa berusaha sekuat tenaga mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Karunia memiliki ilmu, lanjutnya, wajib ditransformasikan pada keluarga, rakyat, bangsa, dan negara.

"Tuhan memberi berkah dan kesempatan melalui ilmu yang kita miliki. Hadirnya lembaga ini adalah kebersamaan. Hal itulah yang akan membawa kemajuan," pungkasnya.

UMN hari ini mewisuda 189 mahasiswa/mahasiswi dari tujuh program studi. Tujuh program studi itu adalah Teknik Informatika, Sistem Komputer, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, dan Akuntansi.

Mahasiswa/mahasiswi yang dinyatakan lulus sebanyak 192. Sebesar 86,26 di antaranya sudah mendapatkan pekerjaan sebelum lulus. Sebanyak 13 wisudawan itu lulus dengan predikat cum laude.

Tema dari wisuda ke-2 UMN tersebut adalah "Mewujudkan Martabat dan Masa Depan Indonesia dalam Peradaban New Media". Dalam acara itu, lima wisudawan mendapatkan beasiswa Magister ke Chinese Culture University, Taiwan. Acara tersebut, dihadiri oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) dan Wakil Presiden 2004-2009 M Jusuf Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com