Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumbi, KPK-nya Anak-anak

Kompas.com - 21/11/2012, 17:25 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak biasanya memiliki satu atau dua ikon yang dikaguminya, baik melalui film, buku atau permainan. Para tokoh dan karakter yang ada di dalamnya biasanya menjadi inspirasi mereka dalam bersikap dan berkarya.

Ary Milandari, salah satu perwakilan penulis 6 seri buku dongeng antikorupsi bertajuk 'Tunas Integritas' dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam peluncuran bukunya di panggung Indonesia Book Fair 2012 mengatakan, timnya ingin menyumbangkan satu ikon baru untuk anak-anak yang membawa pesan humanis dan antikorupsi. Lalu, muncullah tokoh Kumbi.

"Ada sepuluh karakter keluarga Kumbi, yaitu keluarga kumbang yang secara visual akan muncul dalam cerita atau diantara dan akhir cerita dongeng," kata Ary saat peluncuran di panggung IBF 2012, Senin (19/11/2012).

Kumbi yang dimaksud adalah Kumbang Pemakan Kotoran atau disingkat KPK. Mirip dengan singkatan Komisi Pemberantasan Korupsi. Kumbi digambarkan sebagai hewan yang senantiasa mau membersihkan kotoran-kotoran di sekitar taman.

"Namanya kebetulan mirip seperti KPK, kurang lebih diniatkan sama yaitu membersihkan para koruptor, kotoran, sampah masyarakat," ujar anggota Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA) ini.

Pesan lain yang ingin disampaikan melalui ikon baru KPK itu adalah bahwa Kumbi selalu berusaha mengingatkan untuk mencegah tindakan-tindakan korupsi sederhana yang sering terjadi di sekitar kita.

"Contoh seorang ibu yang memberi kesempatan anaknya dengan memberi uang kembalian kepada mereka atau malah menyimpannya. Kumbi mengingatkan hal itu (kurang bijaksana)," kata Ary lagi.

Dalam momen peluncuran buku yang ditulis oleh 30 penulis anak itu pun, KPK membagikan satu buku untuk satu sekolah yang memuat kisah Si Kumbi. Tak hanya dalam buku, KPK juga akan terus mengenalkan sosok Si Kumbi kepada publik melalui stiker dan film animasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com