Kumbi, KPK-nya Anak-anak

Kompas.com - 21/11/2012, 17:25 WIB
Penulis Ali Sobri
|
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak biasanya memiliki satu atau dua ikon yang dikaguminya, baik melalui film, buku atau permainan. Para tokoh dan karakter yang ada di dalamnya biasanya menjadi inspirasi mereka dalam bersikap dan berkarya.

Ary Milandari, salah satu perwakilan penulis 6 seri buku dongeng antikorupsi bertajuk 'Tunas Integritas' dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam peluncuran bukunya di panggung Indonesia Book Fair 2012 mengatakan, timnya ingin menyumbangkan satu ikon baru untuk anak-anak yang membawa pesan humanis dan antikorupsi. Lalu, muncullah tokoh Kumbi.

"Ada sepuluh karakter keluarga Kumbi, yaitu keluarga kumbang yang secara visual akan muncul dalam cerita atau diantara dan akhir cerita dongeng," kata Ary saat peluncuran di panggung IBF 2012, Senin (19/11/2012).

Kumbi yang dimaksud adalah Kumbang Pemakan Kotoran atau disingkat KPK. Mirip dengan singkatan Komisi Pemberantasan Korupsi. Kumbi digambarkan sebagai hewan yang senantiasa mau membersihkan kotoran-kotoran di sekitar taman.

"Namanya kebetulan mirip seperti KPK, kurang lebih diniatkan sama yaitu membersihkan para koruptor, kotoran, sampah masyarakat," ujar anggota Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA) ini.

Pesan lain yang ingin disampaikan melalui ikon baru KPK itu adalah bahwa Kumbi selalu berusaha mengingatkan untuk mencegah tindakan-tindakan korupsi sederhana yang sering terjadi di sekitar kita.

"Contoh seorang ibu yang memberi kesempatan anaknya dengan memberi uang kembalian kepada mereka atau malah menyimpannya. Kumbi mengingatkan hal itu (kurang bijaksana)," kata Ary lagi.

Dalam momen peluncuran buku yang ditulis oleh 30 penulis anak itu pun, KPK membagikan satu buku untuk satu sekolah yang memuat kisah Si Kumbi. Tak hanya dalam buku, KPK juga akan terus mengenalkan sosok Si Kumbi kepada publik melalui stiker dan film animasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X