Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Babel Anugerahi Gelar Kehormatan Adat Melayu

Kompas.com - 21/11/2012, 14:57 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com--Gubernur Bangka Belitung, Eko Maulana Ali, menganugerahi gelar kehormatan adat Melayu sekaligus melantik pengurus lembaga adat melayu Negeri Serumpun Sebalai di Pangkalpinang, Selasa malam.

"Pelantikan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan mengembangkan adat melayu di Bangka Belitung. Mudah-mudahan setelah ini Bangka Belitung bisa menjadi lebih baik," kata Gubernur Eko yang bergelar Datuk Sri Maharaja Laila Syah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyematkan pin pada para penerima gelar kehormatan.

Pemberian gelar sekaligus pelantikan pengurus tersebut ditandai dengan penyerahan pin pada sepuluh orang yang bertugas sebagai dewan penasehat dan dewan pertimbangan.

Sementara itu, salah satu penerima gelar kehormatan, Emron Pangkapi yang dilantik menjadi ketua dewan penasehat bergelar Datuk Seri Radindo Pusaka Budaya mengatakan penganugerahan tersebut merupakan cambuk untuk lebih memajukan Babel.

"Dengan pelantikan ini, kami akan berusaha lebih keras dalam memajukan Babel, ini adalah bukti bahwa pembangunan tidak melulu harus dilakukan dengan pembangunan fisik infrastruktur tapi juga pembangunan adat dan budaya," kata emron.

Wakil Ketua DPP PPP, Emron Pangkapi sebagai Datuk Seri Radindo Pusaka Budaya, pengusaha Hidayat Arsani sebagai Datuk Panglima Satya Negeri, pengusaha Ramli Sutanegara sebagai Datuk Panglima Satya Negeri, dan tokoh masyarakat serta Ketua Lembaga Adat Melayu Serumpun Sebalai Bangka Belitung sebagai Datuk Seri Radindo Pusaka Budaya.

Acara "penabalan" atau penobatan secara adat melayu dilakukan di Rumah Dinas Gubernur dengan berbagai ritual adat seperti Upacara Tabur untuk menolak bala.

Selain dihadiri oleh para tokoh adat, masyarakat, dan para pejabat di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, acara juga dihadiri oleh utusan dari Lembaga Adat Melayu Serantau, Pontianak, Datuk Petinggi Pangeran Muda Wiratama Elang Perkasa, Abdi Nur Kamil.

Utusan dari Kesultanan Buayan Darussalam, Mindanau, Filipina, Putri Azizian Utto Camsa juga hadir pada malam tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com