Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2012, 11:10 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Aksi simpati dan penggalangan dukungan terhadap warga sipil yang menjadi korban serangan militer Israel di Gaza, Palestina, dilakukan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Ambon, Rabu (21/11/2012).

Aksi ini dilakukan dengan cara membagi selebaran dan meminta sumbangan dari setiap warga dan pengguna jalan yang ditemui di sejumlah jalan di Kota Ambon.

Pantauan Kompas.com di kawasan AY Patty, sejumlah mahasiswa ini lalu membagikan selebaran pada setiap warga yang melintas dikawasan itu. Warga juga menyodorkan kotak kardus untuk menampung sumbangan dari para pengguna jalan. 

Aksi ini mendapat simpati dari sejumlah besar warga Kota Ambon, baik warga pejalan kaki maupun yang berkendaraan tak luput mengambil selebaran tersebut serta memberikan sumbangan berupa uang kepada mahasiswa ini.

Nur, salah seorang mahasiswa, mengatakan aksi tersebut merupakan wujud tanggung jawab moral mahasiswa Islam Indonesia khususnya di Kota Ambon terhadap warga Palestina yang saat ini sangat menderita dan sangat membutuhkan bantuan.

"Kita sadar bahwa warga Palestina sangat membutuhkan bantuan saat ini, dan apa yang kita lakukan ini merupakan wujud tanggung jawab kita sesama manusia," ujarnya.

Ia mengungkapkan, penggalangan dana yang dilakukan pihaknya merupakan wujud keberpihakan mahasiswa muslim di Ambon terhadap kemanusiaan. Ia juga mengatakan, bantuan ini nantinya akan segera diserahkan kepada korban warga sipil Palestina melalui lembaga internasional yang memiliki akses masuk ke kawasan Jalur Gaza.

"Ini soal kemanusiaan, banyak korban sipil disana adalah anak-anak dan kaum wanita, mereka butuh bantuan dan perlindungan, makanya kita lakukan hal ini, semoga dapat bermanfaat nantinya,"ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com