Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD Protes Serangan ke Gaza

Kompas.com - 20/11/2012, 15:07 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina, ternyata juga disambut prihatin oleh kalangan pelajar sekolah dasar (SD). Mereka menggelar doa bersama agar tragedi yang menimbulkan banyak korban jiwa itu segera diakhiri.

Aksi keprihatinan itu dilakukan puluhan SD Ta'miriyah Surabaya, Selasa (20/11/2012), di halaman sekolahnya di Jalan Indrapura, Surabaya. Aksi itu memberikan pemahaman kepada para siswa untuk menghargai perbedaan tanpa harus saling serang seperti yang terjadi di kawasan Timur Tengah itu.

Menurut Kepala Urusan (Kaur) Kesiswaan SD Ta'miriyah, Nur Halim, aksi ini juga mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya duduk bersama tanpa harus melakukan kekerasan yang mengakibatkan korban jiwa. "Kami tanamkan nilai-nilai perdamaian agar generasi mendatang tidak mengedepankan kekerasan," terangnya.

Aksi diikuti siswa dari kelas 1 hingga kelas 5 SD. Aksi digambarkan dengan permainan catur yang selalu saling serang terus-menerus. Untuk media caturnya, adalah meja dengan dipasangi poster bertuliskan ''Save Palestina''. Poster tersebut dimodifikasi sehingga mirip papan catur lengkap dengan timer-nya.

Aksi juga dilakukan dengan doa bersama di halaman sekolah. Salah satu dari siswa tersebut mengambil tempat untuk memimpin doa. Dalam doa tersebut, siswa SD ini menginginkan agar perdamaian di Jalur Gaza segera terwujud dan peperangan tidak akan terulang lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com