Kompas.com - 12/11/2012, 13:54 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan tips berbisnis bagi pengusaha pemula. Cara yang diberikannya berbeda dengan pengusaha lainnya.

"Jadi pengusaha pemula itu jangan diberikan fasilitas terlalu mewah. Ini saja tempatnya mewah, nanti malah terlalu manja," kata Dahlan saat memberikan tips bisnis di Global Entrepreneurship Week di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (12/11/2012).

Kebetulan, Bank Indonesia memfasilitasi para pengusaha pemula ini di ruangan mewah di Gedung Bank Indonesia sehingga Dahlan menganggap bahwa tempat ini terlalu mewah.

Menurut Dahlan, menjadi seorang pengusaha itu memang sulit. Itulah sebabnya jumlah pengusaha di Tanah Air ini masih sedikit. Bahkan, jumlahnya hanya sekitar 1,56 persen dari total penduduk Indonesia.  

Ia mengatakan, menjadi seorang wirausaha ini memang harus berani lebih menderita. Jika perlu, kita hanya memakai baju sederhana asal bisnis bisa berjalan sempurna.

"Untuk menjaga kepercayaan bisnis ke orang lain, kita tidak perlu berada di tempat mewah. Kalau Anda hanya punya motor, baju sederhana, ya tidak apa-apa. Yang penting Anda jujur, tidak menyakiti orang lain. Itu yang penting," tambahnya.

Sekadar catatan, Dahlan Iskan memberikan tips berbisnis kepada peserta Global Entrepreneurship Week yang digelar Bank Indonesia. Selain itu, ada juga pemilik CT Corps Chairul Tanjung dan pengusaha kawakan Ciputra.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.