Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Jadi Pengusaha Harus Berani "Menderita"

Kompas.com - 12/11/2012, 13:54 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan tips berbisnis bagi pengusaha pemula. Cara yang diberikannya berbeda dengan pengusaha lainnya.

"Jadi pengusaha pemula itu jangan diberikan fasilitas terlalu mewah. Ini saja tempatnya mewah, nanti malah terlalu manja," kata Dahlan saat memberikan tips bisnis di Global Entrepreneurship Week di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (12/11/2012).

Kebetulan, Bank Indonesia memfasilitasi para pengusaha pemula ini di ruangan mewah di Gedung Bank Indonesia sehingga Dahlan menganggap bahwa tempat ini terlalu mewah.

Menurut Dahlan, menjadi seorang pengusaha itu memang sulit. Itulah sebabnya jumlah pengusaha di Tanah Air ini masih sedikit. Bahkan, jumlahnya hanya sekitar 1,56 persen dari total penduduk Indonesia.  

Ia mengatakan, menjadi seorang wirausaha ini memang harus berani lebih menderita. Jika perlu, kita hanya memakai baju sederhana asal bisnis bisa berjalan sempurna.

"Untuk menjaga kepercayaan bisnis ke orang lain, kita tidak perlu berada di tempat mewah. Kalau Anda hanya punya motor, baju sederhana, ya tidak apa-apa. Yang penting Anda jujur, tidak menyakiti orang lain. Itu yang penting," tambahnya.

Sekadar catatan, Dahlan Iskan memberikan tips berbisnis kepada peserta Global Entrepreneurship Week yang digelar Bank Indonesia. Selain itu, ada juga pemilik CT Corps Chairul Tanjung dan pengusaha kawakan Ciputra.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com