Pemerintah Akhirnya Akui Bung Karno-Bung Hatta Pahlawan Nasional

Kompas.com - 06/11/2012, 18:30 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akhirnya menganugerahi proklamator Republik Indonesia, Soekarno dan Muhammad Hatta, sebagai pahlawan nasional.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional akan diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada keluarga Bung Karno dan Bung Hatta, Rabu (7/11/2012) di Istana Negara.

"Kami tadi melaporkan kepada Presiden hasil sidang Dewan Gelar dan Kehormatan. Besok akan dilakukan penganugerahan gelar pahawan nasional kepada Ir Soekarno dan Muhammad Hatta. Keppres akan segera ditandatangani sore ini, dan besok akan dilakukan penganugerahan pukul 11.00 WIB di Istana Negara," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto yang juga Ketua Dewan Gelar dan Kehormatan, Selasa (6/11/2012) di Jakarta.

Djoko tidak menyebutkan alasan pemberian gelar pahlawan itu, termasuk mengapa baru diberikan sekarang. "Alasan mengapa akan disampaikan Presiden sendiri. Saya tidak akan banyak membahas mengenai hal itu," kata Djoko.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X