Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Calonkan Obon Tabroni Dampingi Rieke Pitaloka

Kompas.com - 04/11/2012, 17:45 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) mencalonkan Obon Tabroni, tokoh buruh asal Bekasi, maju ke Pilkada Jawa Barat. MPBI juga mendukung anggota DPR, yang juga aktivis perburuhan Rieke Diah Pitaloka menjadi calon Gubernur Jawa Barat.

 

Hal itu dilontarkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal kepada Kompas, Minggu (4/11/2012) di Jakarta.

 

KSPI merupakan salah satu komponen dari MPBI. Selain KSPI ada juga Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) yang dipimpin Andi Gani Nena Wea serta Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) yang dipimpin Mudofir.

MPBI juga beranggotakan 7 federasi serikat pekerja lainnya yang bergerak di bidang lain.

 

"Pilihan Obon bukan tanpa dasar. MPBI berpendapat calon yang tepat adalah warga asli Jawa Barat kelahiran Bekasi. Sebagai tokoh buruh di Jabar, Obon juga mempunyai basis massa yang konkret di 15 Kota/Kab se-Jawa Barat,yaitu Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Karawang, Purwakarta, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Sumedang, dan Majalengka. Obon juga mendapat dukungan dari guru, petani, nelayan dan keluarganya se-Jabar dengan jumlah lebih dari 7 juta orang," tandas Said.

Menurut Sadi, nama Obon sudah diusulkan kepada Ketua Umum DPPP PDI-Perjuangan Megawati Soekanoputri.

 

Obon Tabroni adalah Wakil Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, yang juga menjabat sebagai Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota/Kab Bekasi.

Selama ini, Obon dikenal juga sebagai Koordinator Aliansi Buruh Bekasi Bergerak, yang memimpin aksi mogok dan memblokade jalan tol Bekasi, belum lami ini.

"MPBI juga turut mendukung Rieke Diah Pitaloka sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Kami sudah mengirimkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri soal Rieke Diah Pitaloka," tambahnya.

 

MPBI, lanjut Said, menyerahkan sepenuhnya kepada Ibu Megawati. "Dengan harapan bahwa rekomendasi yang dikeluarkan untuk cagub dan cawagub juga memperhatikan usulan dari suara rakyat," katanya lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com