Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDIP: Rieke-Teten Jamin Pemerintahan Jabar Bersih

Kompas.com - 02/11/2012, 21:05 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Riekeu Diah Pitaloka belum memutuskan calon pendampingnya untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013.

Rieke yang memerankan Oneng dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri itu digadang-gadang akan dilamar dari kalangan civil society, yakni pendiri Indonesian Coruption Watch (ICW), Teten Masduki.

Wakil Sekretaris PDI Perjuangan Jabar, Abdi Yuhana menilai, disandingkannya PDIP dengan kekuatan civil socitey dipastikan akan mendukung proses demokrasi di Indonesia.

"Saya menilai dengan kekuatan civil society, proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Jabar akan berkembang," kata Abdi kepada wartawan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Jumat, (2/11/2012).

Abdi melanjutkan, perpaduan antara PDIP dan civil society memang bertujuan untuk sistem pemerintahan yang bersih. "Jika jadi menyokong Teten, hal itu akan sekaligus memperkuat komitmen PDIP untuk membangun pemerintahan yang bersih," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, hasil survei, popularitas Rieke naik secara signifikan. Bahkan, Rieke dapat mengungguli beberapa calon yang selama ini mendapat dukungan tinggi. "Kita buka, kita bedah, ternyata berdasarkan hasil survei kenaikan Rieke sangat signifikan," klaim Abdi.

Sementara untuk Teten, Abdi menyatakan, partainya juga melakukan survei sendiri yang dirilis pada pertengahan Oktober 2012. "Teten juga disurvei, secara ideologis kedekatannya dengan PDIP ternyata sama-sama ingin membangun sistem pemerintahan yang bersih. Paradigma baru itu akan kita dorong," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com