Demo Buruh, Kawal Pertemuan Jokowi-Muhaimin

Kompas.com - 02/11/2012, 14:21 WIB
Penulis Joe Leribun
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com Kedatangan ratusan buruh yang berunjuk rasa di depan kantor Balaikota DKI Jakarta terkait dengan pertemuan yang sedang berlangsung antara Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Jokowi dan Muhaimin sedang membahas upah buruh DKI Jakarta.

"Pada demo sebelumnya (Rabu, 24/10/2012), buruh telah membuat kesepakatan bersama bapak wakil gubernur, kami harap poin-poin kesepakatan ini diperjuangkan Bapak Jokowi dalam rapat hari ini," kata Ahmad, seorang orator dalam aksi ini.

Pada Rabu (24/10/2012), pertemuan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama perwakilan para buruh menghasilkan 13 poin kesepakatan. Berikut ini 13 kesepakatan tersebut.

1. Mengenai kebutuhan hidup layak (KHL) tidak boleh ditetapkan berdasarkan rata-rata hasil survei tahun 2012, tetapi hasil survei bulan Oktober 2012 ditambah proyeksi bulan November 2012 dan Desember 2012 hingga Desember 2013 yang kemudian dirata-ratakan.

2. Tidak ada putusan KHL pada hari ini (24 Oktober 2012).

3. Penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2013 ditetapkan dengan mempertimbangkan besaran inflasi di tahun berikutnya dan penetapan upah minimum di wilayah penyangga Jakarta.

4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengusut dugaan adanya mafia politik upah murah.

5. Pemerintah DKI Jakarta akan mengkaji komponen KHL yang terdiri dari 100 item (untuk lajang) dan 122 item (untuk pekerja yang telah berkeluarga).

6. Penetapan UMP dan UMSP ditetapkan dalam satu paket ketetapan serta dalam waktu yang bersamaan.

7. UMSP sektor ritel, perkayuan, dan printing, serta delapan perusahaan di sektor logam, elektronik, dan mesin dimasukkan dalam tambahan sektor unggulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
    Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
    Ikut


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X