Kompas.com - 24/10/2012, 17:05 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Perdagangan hewan kurban semakin ramai dan unik menjelang Idul Adha 1433 H yang diperkirakan jatuh pada Jumat (26/10/2012). Di luar cara konvensional, ada yang memilih menggunakan jasa pramuniaga. Belakangan, penawaran dan jual-beli hewan kurban pun ramai dilakukan via jagat maya.

Salah seorang penjual hewan kurban asal Cipinang, Jakarta Timur, mengaku sudah memasarkan sedikitnya 40 kambing dan 8 sapi secara online di Tokobagus.com. Harga hewan kurban yang ditawarkannya bervariasi, mulai dari Rp 1 juta-Rp 3 juta untuk kambing, hingga Rp 9 juta-Rp 13,6 juta untuk sapi, dengan pertimbangan bobot.

"Banyak pesanan kami terima via telepon setelah memasang foto di situs online," kata Parjo, Rabu (24/10/2012).

Uniknya, Parjo tidak terlalu paham dunia maya. Ia selama ini menjual hewan-hewan itu secara konvensional. Iklan soal kambing dan sapinya dipasang oleh saudaranya di situs jual beli itu. Parjo menerapkan layanan antar hewan kurban sampai ke tempat pembeli, meskipun tidak ada minimal pembelian sebagai syaratnya.

Public Relation Manager Tokobagus.com Ichwan Sitorus mengungkapkan, aktivitas anggota Tokobagus.com yang berjualan hewan kurban tahun ini di situsnya meningkat dibanding tahun lalu. Mereka tersebar, tetapi kebanyakan dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Kami kebanjiran pedagang hewan kurban tahun ini. Ada lebih dari 80 pedagang yang menjual di Tokobagus.com. Rata-rata mereka menjual ratusan kambing ataupun sapi dengan kualitas yang memadai," papar Ichwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.