Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kambing Kurban Pun Ramai Dipasarkan "Online"

Kompas.com - 24/10/2012, 17:05 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perdagangan hewan kurban semakin ramai dan unik menjelang Idul Adha 1433 H yang diperkirakan jatuh pada Jumat (26/10/2012). Di luar cara konvensional, ada yang memilih menggunakan jasa pramuniaga. Belakangan, penawaran dan jual-beli hewan kurban pun ramai dilakukan via jagat maya.

Salah seorang penjual hewan kurban asal Cipinang, Jakarta Timur, mengaku sudah memasarkan sedikitnya 40 kambing dan 8 sapi secara online di Tokobagus.com. Harga hewan kurban yang ditawarkannya bervariasi, mulai dari Rp 1 juta-Rp 3 juta untuk kambing, hingga Rp 9 juta-Rp 13,6 juta untuk sapi, dengan pertimbangan bobot.

"Banyak pesanan kami terima via telepon setelah memasang foto di situs online," kata Parjo, Rabu (24/10/2012).

Uniknya, Parjo tidak terlalu paham dunia maya. Ia selama ini menjual hewan-hewan itu secara konvensional. Iklan soal kambing dan sapinya dipasang oleh saudaranya di situs jual beli itu. Parjo menerapkan layanan antar hewan kurban sampai ke tempat pembeli, meskipun tidak ada minimal pembelian sebagai syaratnya.

Public Relation Manager Tokobagus.com Ichwan Sitorus mengungkapkan, aktivitas anggota Tokobagus.com yang berjualan hewan kurban tahun ini di situsnya meningkat dibanding tahun lalu. Mereka tersebar, tetapi kebanyakan dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Kami kebanjiran pedagang hewan kurban tahun ini. Ada lebih dari 80 pedagang yang menjual di Tokobagus.com. Rata-rata mereka menjual ratusan kambing ataupun sapi dengan kualitas yang memadai," papar Ichwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com