Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Nasdem Dekati Pengusaha Kecil

Kompas.com - 22/10/2012, 20:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Berbagai upaya dilakukan partai politik untuk menarik massa menjelang momentum politik di tingkat nasional maupun daerah. Partai Nasdem mendekati masyarakat dengan menciptakan peluang usaha kecil menengah melalui Gerakan Wanita (Garnita) Malahayati.

Ketua DPW Garnita Malahayati Jatim, Yayuk Emilia mengatakan, hingga saat ini pihaknya tercatat telah berhasil melahirkan dan membina sekitar 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang tersebar di 28 kabupaten/kota di Jatim.

"Kami akan terus menciptakan dan membina lebih banyak lagi pelaku usaha kecil di Jatim. Program ini dalam upaya turut serta partai dalam membangun perekonomian di Jatim," katanya, Senin (22/10/2012).

Menurut hasil survei pihaknya, sentuhan pemerintah pada sektor pelaku usaha kecil di daerah kurang maksimal. Pemerintah hanya memberikan modal usaha saja, tanpa menindaklanjuti dengan pendampingan dan pembinaan.

"Belajar dari hasil tersebut, kami berusaha menyentuh pelaku usaha dari mulai permodalan, pendampingan, hingga pemasaran," tambahnya.

Berbagai produk unggulan yang telah dihasilkan oleh anggota binaan Garnita Malahayati di Jatim antara lain, batik, ukir-ukiran, lukisan, makanan dan minuman, busana muslim hingga aneka kerajinan tangan lainnya sesuai nilai khas kedaerahan masing-masing.

Produk-produk itu, kata Yayuk, bahkan sudah beredar di dalam dan luar negeri. Kelompok perempuan binaan Partai Nasdem itu tidak hanya bergerak di sektor pembangunan ekonomi, namun juga di berbagai kegiatan sosial di bidang kesehatan dan pendidikan. Seperti memberikan bantuan pendidikan kepada puluhan siswa di daerah terpencil, dan mendampingi korban musibah penyakit tumor mata yang dialami warga Bondowoso dan harus menjalani operasi di RS Dr Soetomo Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com