Kompas.com - 22/10/2012, 20:12 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Berbagai upaya dilakukan partai politik untuk menarik massa menjelang momentum politik di tingkat nasional maupun daerah. Partai Nasdem mendekati masyarakat dengan menciptakan peluang usaha kecil menengah melalui Gerakan Wanita (Garnita) Malahayati.

Ketua DPW Garnita Malahayati Jatim, Yayuk Emilia mengatakan, hingga saat ini pihaknya tercatat telah berhasil melahirkan dan membina sekitar 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang tersebar di 28 kabupaten/kota di Jatim.

"Kami akan terus menciptakan dan membina lebih banyak lagi pelaku usaha kecil di Jatim. Program ini dalam upaya turut serta partai dalam membangun perekonomian di Jatim," katanya, Senin (22/10/2012).

Menurut hasil survei pihaknya, sentuhan pemerintah pada sektor pelaku usaha kecil di daerah kurang maksimal. Pemerintah hanya memberikan modal usaha saja, tanpa menindaklanjuti dengan pendampingan dan pembinaan.

"Belajar dari hasil tersebut, kami berusaha menyentuh pelaku usaha dari mulai permodalan, pendampingan, hingga pemasaran," tambahnya.

Berbagai produk unggulan yang telah dihasilkan oleh anggota binaan Garnita Malahayati di Jatim antara lain, batik, ukir-ukiran, lukisan, makanan dan minuman, busana muslim hingga aneka kerajinan tangan lainnya sesuai nilai khas kedaerahan masing-masing.

Produk-produk itu, kata Yayuk, bahkan sudah beredar di dalam dan luar negeri. Kelompok perempuan binaan Partai Nasdem itu tidak hanya bergerak di sektor pembangunan ekonomi, namun juga di berbagai kegiatan sosial di bidang kesehatan dan pendidikan. Seperti memberikan bantuan pendidikan kepada puluhan siswa di daerah terpencil, dan mendampingi korban musibah penyakit tumor mata yang dialami warga Bondowoso dan harus menjalani operasi di RS Dr Soetomo Surabaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X