Kompas.com - 22/10/2012, 19:50 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical mengaku mendukung dilakukannya amandemen UUD 1945. Hanya saja, menurut Ical, amandemen hanya untuk penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Dari awal saya setuju amandemen," kata Ical saat diskusi di DPD di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/10/2012).

Hal itu dikatakan Ical menyikapi pernyataan para anggota DPD yang menilai DPD seperti tidak memiliki posisi di parlemen. Mereka merasa tidak dianggap oleh DPR. Para anggota DPD meminta kejelasan sikap Ical mengenai amandemen UUD 1945 .

Ical mengatakan, perlu dipikirkan dengan matang sebelum dilakukan amandemen UUD 1945 . Menurut dia, jangan sampai amandemen nantinya ditunggangi penumpang gelap yang ingin mengembalikan seperti zaman orde baru.

"Jangan amandemen asal amandemen. Amandemen untuk penguatan DPD, bukan yang lain. Pemilihan presiden melalui MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), masa jabatan presiden bisa seumur hidup, itu enggak mungkin lagi," kata Ical.

Ketika ditanya kapan sebaiknya amandemen dilakukan, apakah sebelum atau sesudah pemilu 2014, Ical tak dapat memastikannya. Menurut Ical, semua tergantung kapan hasil kajian bersama MPR selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.