Kompas.com - 22/10/2012, 18:17 WIB
EditorFarid Assifa

TANYA:

Hewan qurban misalnya sapi atau kambing apakah jenis kelaminnya harus jantan, tidak boleh betina? Tolong dijelaskan.

Hj. Elliani, Makassar

JAWAB:

Assalamualaikum Ibu Elliani yang dirahmati Allah, tidak ada ketentuan atau syarat mengenai jenis kelamin dari hewan qurban. Boleh saja berqurban dengan hewan jantan maupun betina. Dasarnya yaitu hadist mengenai akikah: “Akikah untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing. Tidak jadi masalah jantan maupun betina.” (HR. Ahmad 27900 dan An Nasa’i 4218 dan dishahihkan Syaikh Al Albani).

Tidak ada larangan menggunakan hewan jantan maupun betina dalam akikah, maka hal tersebut juga berlaku dalam berqurban. Akan tetapi, qurban dengan hewan jantan tentunya lebih utama, karena lebih besar dari hewan betina. Karena kita diperintahkan untuk berqurban dengan hewan yang terbaik yang kita miliki.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.