Kompas.com - 22/10/2012, 08:02 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa asuransi itu mahal. Bahkan hanya cocok bagi mereka yang memiliki gaji tinggi. Apakah benar? Vice President Director Manulife Indonesia Nelly Husnayati menjelaskan, anggapan masyarakat tersebut justru membuat penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah.

"Pikiran tersebut harus diubah. Karena asuransi itu penting buat semua. Sekarang ini sudah banyak produk asuransi dengan premi terjangkau, bahkan untuk masyarakat menengah ke bawah," kata Nelly.

Nelly mengatakan, masyarakat dari kalangan manapun tentu akan memikirkan masa depan buat diri sendiri maupun bagi anak-anaknya kelak. Baik biaya untuk sandang, pangan, papan, pendidikan, investasi di masa depan dan lain-lain.

Tapi, Nelly mengingatkan bahwa berasuransi bukanlah menabung. Pada prinsipnya, berasuransi adalah memberikan proteksi kepada diri sendiri maupun keluarga, khususnya bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan suatu saat nanti.

"Pemerintah dan perusahaan asuransi harus lebih gencar memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa berasuransi itu tidak hanya buat orang bergaji tinggi. Sekarang pun sudah ada asuransi dengan premi Rp 50.000 setahun misalnya. Itu kan terjangkau," jelasnya.

Dengan masyarakat semakin mengerti tentang asuransi, maka diharapkan angka anak yang terlantar pendidikannya serta angka orang yang tidak mampu membayar biaya rumah sakit yag setiap tahun semakin mahal dapat semakin ditekan dengan memiliki polis asuransi.

Ikuti liputan khusus Cerdas Berasuransi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.