Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUTT Disambar Petir, 75.000 Rumah di Jakarta Gelap

Kompas.com - 19/10/2012, 20:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah wilayah di Jakarta Timur, Depok, dan Bogor mengalami pemadaman listrik sejak Jumat (19/10/2012) sore. Pemadaman itu diakibatkan kabel saluran udara  tegangan tinggi (SUTT) dari gardu induk Pondok Kelapa ke Jatirangon tersambar petir, Jumat pukul 14.16.

Manajer Area Pengatur Distribusi Jakarta dan Tangerang Edwin Nugraha Putra mengatakan, kabel tersebut mengaliri listrik ke tiga gardu utama yang melayani beberapa titik. "Ketiga gardu tadi ada 8 trafo yang padam. Trafo itu melayani wilayah sebagian Depok, Ciracas, Cimanggis, Cijantung, sebagian Taman Mini, Kramatjati, Pondok Gede, dan daerah sekitarnya," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat.

Edwin melanjutkan, berdasarkan perhitungan, pemadaman listrik itu mengakibatkan kerugian voltase 120 sampai 150 megawatt atau 150 ribu kilowatt. Dalam perhitungan sederhana, pemadaman tersebut mengakibatkan 75.000 rumah di wilayah pinggir Jakarta dan sekitarnya tak dialiri listrik.

Hingga kini, tim dari  Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Jawa-Bali sedang melakukan usaha perbaikan di lapangan. Rencananya, tim akan mengoperasionalkan delapan trafo tersebut secara bergantian setiap 3 hingga 4 jam. "Lima trafo diketahui menyala, sisa tiga. Tiga trafo ini usaha kami untuk mencoba menggantikan ke trafo lain, jadi bergantian selama 3-4 jam sekali," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com