Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Komik "Rasa" Novel Karya Bobby Tan

Kompas.com - 18/10/2012, 11:48 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bosan membaca komik karena terlalu singkat? Cobalah Anda baca komik rasa novel karya Bobby Tan. Gambar masih banyak disajikan layaknya komik, namun cerita dibuat lebih panjang sehingga imajinasi pembaca lebih tajam.

Komik rasa novel, ada di Nine Dragon Warriors seri 2, berjudul ''Kapal Hantu di Laut Whincoster''. Seperti halnya komik ala Jepang, Bobby membuat peta benua yang sudah dibagi menjadi negara-negara. Bobby juga berhasil mengungkapkan figur-figur yang biasanya digambar di komik, menjadi sebuah tulisan yang mudah dipahami.

Misalnya saja, kerajaan India digambarkan lewat bentuk negara Kanarkh. ''Saya kira, pecinta komik suka membaca komik karena gambarnya, tapi saya ingin mempengaruhi bahwa membaca komik itu karena suka dengan ceritanya,'' kata sarjana Manajemen Layanan Pariwisata, Universitas Surabaya itu, Rabu (17/10/2012).

Nine Dragon Warriors disusunnya dalam delapan seri. Seri pertama berjudul Misteri di Skeleton Island laris manis di pasaran. Sama seperti seri kedua kali ini, seri pertama novelnya juga mengusung konsep komik rasa novel yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

Bobby Tan bukanlah seorang seniman atau memiliki latar belakang pendidikan sastra. Namun, dia gemar menulis dan membaca novel karangan penulis penulis dunia seperti Ching Yung, Sam Kok, atau JK Rowling.

Nine Dragon Warriors mengisahkan sembilan tokoh yang mewakili sifat perlambang naga. Kesembilan perlambang itu diantaranya kijang, singa, iblis, harimau, elang, kura- kura, sapi, ular, dan dewa. Dari kesembilan wujud itulah akhirnya muncul Alen Watson, sebagai tokoh utama, pemimpin dari kesembilan ksatria yang gagah berani.

Cerita Nine Dragon Warriors banyak terinspirasi karya penulis China seperti Ching Yung dan Sam Kok, penulis buku perpaduan novel dan epik silat terpopuler seperti ''Return of the Condor Heroes'', dan ''Harry Potter'' karya JK Rowling. Karena itu,,tidak heran jika karakter sembilan tokoh di Nine Dragon Warriors banyak terinspirasi dari novel- novel karya penulis dunia tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com