Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Bekasi Kecam Kekerasan Anggota TNI Angkatan Udara

Kompas.com - 17/10/2012, 13:26 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Sekitar 30 wartawan yang bertugas di wilayah Bekasi berunjuk rasa di depan Mega Bekasi Hypermall, Kota Bekasi, Rabu (17/10/2012). Aksi itu merupakan keprihatinan dan kecaman terhadap anggota TNI Angkatan Udara yang memukul, menendang, dan merampas alat kerja wartawan saat meliput jatuhnya pesawat Hawk 200 di RT 003 RW 03 Dusun 3, Siak, Kampar, Riau, Selasa (16/10/2012) siang kemarin.

Kecaman dan tuntutan wartawan dimasukkan dalam pernyataan tertulis yang ditandatangani H Saban dari Kelompok Kerja Wartawan Harian dan Elektronik Bekasi serta Kusnadi dari PWI Perwakilan Bekasi.

Menurut pernyataan tertulis itu, kekerasan dilakukan perwira menengah berpangkat letnan kolonel udara penerbang dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin. Ada anggota Pasukan Khas Batalyon 462 yang merampas alat kerja pewarta foto Riau Pos.

Peristiwa itu terjadi di hadapan warga, bahkan anak-anak berpakaian seragam SD. Adapun lokasi jatuhnya pesawat berada di ruang publik dan belum ada pita pengaman.

Dengan begitu, wartawan tidak bisa dilarang untuk meliput peristiwa tersebut. Karena itu, wartawan Bekasi mengecam keras tindakan seorang perwira menengah Lanud Roesmin Nurjadin yang mencoreng jajaran TNI AU.

Wartawan juga meminta tindakan nyata agar Panglima TNI, KSAU, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Komandan Paskhas Yon-462 memberi tindakan dan sanksi kepada anggota yang terlibat insiden kekerasan itu. Wartawan akan memboikot pemberitaan terkait kegiatan TNI AU sampai ada penjelasan dari Panglima TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com