Kompas.com - 17/10/2012, 07:32 WIB
|
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com — Di dalam berasuransi, ada hal-hal pokok yang harus diperhatikan agar pelaksanaan asuransi menjadi lebih lancar.

Apa saja itu? Berikut 6 hal yang perlu diperhatikan:
1. Dilindungi oleh hukum
Hak untuk mengadakan asuransi antara pihak tertanggung (penerima asuransi) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi) ini diakui oleh hukum.

2. Kejujuran kedua belah pihak
Kejujuran adalah sebuah hal mutlak dalam sebuah perjanjian. Kejujuran ini berkaitan dengan pelaksanaan dalam berasuransi nantinya. Bagi tertanggung wajib memberikan keterangan yang jelas dan jujur mengenai obyek yang akan dipertanggungkan. Misalnya saat mengambil asuransi kesehatan, maka diberikan data apa saja penyakit yang diderita dan apa saja penyakit yang bisa ditanggung. Begitu juga dengan asuransi kerugian. Jika memberikan data yang lengkap, maka perusahaan asuransi akan lebih leluasa dalam menata nasabahnya. Sehingga saat ada klaim, maka klaim tersebut akan bisa langsung cair.

3. Kewajiban membayar premi
Seperti yang sudah dikatakan, no premium no insurance, maka tidak ada premi tidak ada asuransi. Di sini pihak tertanggung harus membayar premi. Di pihak penanggung akan menyediakan dana kompensasi, khususnya jika kerugian itu terjadi pada tertanggung.

4. Waspada dengan kerugian
Pihak penanggung tentu saja sudah memberikan kerugian apa saja bagi pihak tertanggung untuk bisa ditanggung. Perusahaan asuransi juga akan membeberkan secara jelas.

5. Klaim
Jika ada kerugian, maka pihak perusahaan asuransi akan mengecek apakah kerugian tersebut sesuai dengan perjanjian awal. Jika sesuai, maka klaim akan dicairkan dan dibayar sesuai kesepakatan. Di sini ada pengalihan hak antara pihak tertanggung kepada penanggung.

6. Kontribusi

Pihak penanggung memiliki hak untuk mengajak penanggung yang lain untuk menanggung bersama-sama. Namun, kewajiban ini memberikan kompensasi terhadap tertanggung tidak harus sama.

Ikuti liputan khusus Cerdas Berasuransi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.