Kompas.com - 17/10/2012, 05:08 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung (MA) Ridwan Mansyur mengatakan, hakim Pengadilan Negeri (PN) Bekasi berinisial PW terancam dipecat jika terbukti menggunakan narkotika.

Diberitakan sebelumnya, hakim PW ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN), Selasa (16/10/2012) sore, di salah satu tempat hiburan di Jakarta karena kedapatan menyimpan narkotika.

"Perilaku hakim (PW) tentunya termasuk kategori pelanggaran sedang sampai berat, dapat dengan (ancaman hukuman) pemberhentian," kata Ridwan saat dihubungi, Jakarta, Selasa malam.

Ridwan menjelaskan, perbuatan PW dinilai oleh hasil pemeriksaan Badan Pengawasan Hakim. Badan tersebut bertugas memeriksa para hakim yang bermasalah, termasuk hakim yang terkena masalah hukum karena menggunakan narkoba.

"Kalau memang ada perbuatan tersebut dan terbukti secara hukum didukung oleh hasil pemeriksaan Badan Pengawasan (Hakim), MA tentunya mengambil langkah tegas," tambahnya.

Sebelumnya, beredar kabar adanya hakim yang ditangkap oleh aparat hukum terkait kasus narkoba. Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bekasi berinisial PW ditangkap pada Selasa sore sekitar pada pukul 17.00 WIB di salah satu tempat hiburan di Jakarta.

Ketua Komisi Yudisial Suparman membenarkan adanya penangkapan seorang hakim PN Bekasi oleh BNN. "Hakim ini sejak 2011 dilaporkan ke Komisi Yudisial terlibat narkoba," kata Suparman ketika dihubungi Kompas.com, Selasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.