Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Berharap Ada Kembaran "Jokowi" di Jatim

Kompas.com - 13/10/2012, 14:36 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - PDI-P berharap ada figur semacam Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Timur untuk menandingi gubernur incumbent Soekarwo yang dipastikan maju pada Pilgub Jatim tahun depan.

Hal tersebut berkaca dari pengalaman Jokowi sebagai kader PDI-P yang bisa mengengkat brand dan pencitraannya sehingga sukses mendapat simpati warga Jakarta untuk mengungguli gubernur incumbent Fauzi Bowo.

''Kami harap ada figur seperti Jokowi di Jatim dari PDI-P untuk meramaikan Pilgub tahun depan,'' ungkap Ketua Fraksi PDI-P di DPR, Puan Maharani, Sabtu (13/10/2012) di Surabaya.

Ia mengatakan, namun PDI-P hingga saat ini masih belum menentukan nama-nama yang diusung karena mekanisme pendaftaran penjaringan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim baru akan dilaksanakan pada November mendatang.

"Memang ada beberapa nama yang disebut-sebut, seperti Khofifah Indar Parawansa, namun belum secara resmi," tambahnya.

Puan menegaskan, PDI-P merupakan partai terbuka, jadi siapapun baik dari kader internal dan eksternal bisa mendaftar. Yang pasti, hasil penjaringan dan penyaringan itu nantinya akan dibawa di DPP untuk dimintakan rekomendasi.

"Yang pasti, PDIP juga akan mempertimbangkan hasil survei sebelum memberikan rekomendasi kepada seseorang yang mau maju dalam Pilkada atau Pilgub," imbuhnya.

Putri Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarno Putri ini juga mengutarakan peluang PDI-P untuk berkoalisi dengan partai lain dengan partai lain yang memiliki visi dan misi yang sama dalam memperjuangkan rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com