Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2012, 19:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ingin langsung menghadiri pelantikan gubernur-wakil gubernur terpilih DKI Jakarta periode 2012-2017, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. Hal ini disampaikan anggota tim kampanye Jokowi-Basuki, Denny Iskandar, saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Jumat (12/10/2012).

"Bu Mega memang ingin sekali hadir. Beliau ingin merasakan atmosfer pelantikan 'anaknya' yang berhasil ia bawa ke Jakarta. Masak hanya menonton di televisi," kata Denny.

Namun, dikatakan olehnya, sampai hari ini  ia belum mendapat konfirmasi kepastian apakah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu akan menghadiri pelantikan Jokowi-Basuki.

Dengan kehadiran Megawati, menurut Denny, menuntut adanya pengamanan khusus dikarenakan Megawati adalah seorang mantan presiden RI. "Kita lihat kepastiannya sampai hari Minggu," kata Denny.

Namun, Denny tidak mengetahui perihal kemungkinan kehadiran Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto di pelantikan Jokowi-Basuki. "Nah kalau Pak Prabowo, saya nggak tahu. Mungkin bisa ditanyakan ke Fraksi Partai Gerindra. Yang saya tahu hanya Bu Mega," kata Denny.

Selain itu, Denny mengatakan, Jokowi dan Basuki mendapatkan sebanyak 20 undangan untuk menghadiri pelantikan. Mereka akan memboyong keluarga besar mereka ke Gedung DPRD DKI Jakarta.

Sementara itu, di lain pihak, Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta Mangara Pardede mengaku tidak mengundang dewan pimpinan pusat (DPP) partai politik, yang ia undang hanya dewan pimpinan daerah (DPD) partai politik. "Yang pasti yang diberikan undangan itu DPD, bukan DPP. Terserah fraksi mau mengundang siapa saja," kata Mangara.

Seperti yang diketahui, Jokowi-Basuki akan dilantik sebagai gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta pada Senin (15/10/2012). Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi akan melantik Jokowi-Basuki. Acara pelantikan pada pukul 10.00-12.55 WIB di Gedung DPRD DKI Jakarta. Para tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan akan dibagi menjadi dua. Sebagian ditempatkan di dalam ruang sidang paripurna DPRD DKI Jakarta dan sisanya menyaksikan melalui TV plasma di lobi utama Gedung DPRD DKI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.