Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan-Minum Gratis Saat Nobar Pelantikan Jokowi

Kompas.com - 12/10/2012, 19:09 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Simpatisan gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, bekerja sama memberikan fasilitas untuk warga yang datang langsung ke Gedung DPRD DKI Jakarta pada hari pelantikan gubernur dan wagub DKI Jakarta, Senin (15/10/2012) pekan depan. Fasilitas yang disiapkan itu meliputi perangkat untuk nonton bareng hingga konsumsi makan serta minuman gratis untuk warga.

Anggota Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengatakan, hal itu dilakukan sebagai ungkapan syukur para simpatisan atas terpilihnya Jokowi-Basuki sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2012-1017. "Yang memfasilitasi bukan DPRD, melainkan para simpatisan Jokowi-Basuki. Ada yang menyumbangkan perangkat sound system ataupun makanan dan lainnya," kata Rio kepada Kompas.com, Jumat (12/10) di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Ia menyampaikan, semua hasil gotong-royong yang dihimpun dari simpatisan Jokowi-Basuki tidak bisa ditaksir nominal angkanya. Yang pasti, semuanya diberikan bukan berupa uang, melainkan berwujud barang yang akan digunakan pada hari pelantikan berlangsung.

"Secara angka nominalnya enggak bisa kita ketahui. Pokoknya semua berupa barang untuk warga yang datang di hari pelantikan nanti," ujar Rio.

Sejumlah pedagang yang sehari-hari mangkal di depan Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, secara khusus mendapat pesanan untuk melayani warga masyarakat di hari pelantikan. Pesanan itu dilakukan simpatisan Jokowi-Basuki dan menggantinya dengan kompensasi uang sesuai dengan harga jual barang-barang dagangannya. Warga yang hadir di acara nonton bareng pelantikan akan mendapat makan dan minum gratis di area yang ditentukan. Tetapi, sampai berita ini diturunkan, belum ada kesepakatan mengenai jumlah dan harga pesanan antara pedagang dan simpatisan yang memesan.

Pelantikan Jokowi-Basuki sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta bakal digelar mulai pukul 10.00 sampai 12.55 WIB, Senin pekan depan. Sebanyak 2.000 undangan akan disebarkan untuk tamu dalam pelantikan ini. Di luar itu, disediakan juga area nonton bareng untuk menampung antusiasme masyarakat yang diprediksi  memenuhi sekitar Gedung DPRD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com