Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke-Prijanto Dipastikan Hadiri Pelantikan Jokowi-Basuki

Kompas.com - 12/10/2012, 17:52 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan Prijanto, dapat dipastikan akan hadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Periode 2012-2017, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. "Pak Foke dan Pak Prijanto pasti hadir besok pas pelantikan. Kami juga sudah mengundang mereka," kata Sekretaris Dewan DPRD DKI, Mangara Pardede, saat ditemui di Gedung DPRD, Jakarta, Jumat, (12/10/2012).

Dikatakan oleh Mangara, Foke dan Prijanto hadir sebagai Mantan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta dan akan menyerahkan jabatan mereka kepada Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih, Jokowi-Basuki. "Jadi, besok akan ada acara serah terima jabatannya," ujarnya.

Saat ditanyakan lebih lanjut, apakah DPRD DKI sudah mendapat konfirmasi kepastian Foke-Prijanto datang, Mangara pun memastikan kembali perihal kehadirannya. "Beliau-beliau itu negarawan. Mereka itu orang-orang besar, saya kira mereka pasti datang. Tidak perlu konfirmasi kepada DPRD," kata Mangara.

Sementara itu, Mangara pun mengatakan, seluruh persiapan terkait pelantikan Jokowi-Basuki sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 telah dilaksanakan oleh DPRD DKI. "Pada prinsipnya persiapannya semua sudah oke, distribusi undangan juga sudah, sampai sekarang nggak ada kendala berarti," ujarnya.

Selain itu, Mangara mengatakan, untuk mengantisipasi perkiraan membludaknya jumlah relawan Jokowi-Basuki yang akan datang untuk menyaksikan pelaksanaan pelantikan, jumlah personel keamanan akan ditambah. "Personel keamanannya menjadi 2.004 personel," kata Mangara.

Untuk penutupan jalan di lingkungan sekitar DPRD DKI, telah ada kesepakatan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan. "Kalau memang dibutuhkan untuk ditutup, kemungkinan akan ditutup," kata Mangara.

Seperti yang diketahui, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI telah memutuskan untuk melaksanakan pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Periode 2012-2017, Jokowi-Basuki pada Senin (15/10/2012). Jokowi dan Basuki akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Acara pelantikan dimulai pada pukul 10.00-12.55 WIB di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Para tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan akan dibagi menjadi dua. Sebagian ditempatkan di dalam ruang sidang paripurna DPRD DKI Jakarta dan sisanya menyaksikan melalui TV plasma di lobi utama Gedung DPRD DKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com