Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Pangan, Sudah Siapkah Kita?

Kompas.com - 09/10/2012, 02:53 WIB

Bagaimana kalau beras hilang dari pasaran, seperti sewaktu kedelai mendadak langka beberapa waktu lalu? Ketika itu, tempe dan tahu menghilang dari pasaran. Masyarakat bingung kehilangan makanan favorit.

Perajin dan pedagang tempe-tahu juga serba salah. Kalau mereka menjual dengan harga tinggi, bisa tidak laku. Sementara harga bahan baku kedelai melambung tinggi.

Harga beras pun semakin hari terus meroket. Banyak faktor yang menjadi penyebab. Di antaranya, pengaruh lingkungan dan bertambahnya jumlah penduduk yang tak terkendali membuat ketersediaan pangan manusia terancam.

Sudah siapkah kita mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan? Apa yang kita lakukan sebagai antisipasi kalau suatu saat nanti beras tak lagi terbeli? Siapkah kita menjadikan singkong atau ubi sebagai ganti beras? Bagaimana pula dengan lauk-pauknya? Apa kira-kira yang bakal kamu lakukan bila krisis pangan terjadi?

Kirim komentar kamu tentang ”Krisis Pangan, Sudah Siapkah Kita?” untuk rubrik Argumentasi di Kompas Kampus pekan depan. Cukup 1.300 karakter. Kirim melalui e-mail ke kompaskampus@kompas.co.id atau redaksikompaskampus@gmail.com, lengkap dengan data diri dan foto diri, paling lambat 14 Oktober 2012.(CP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com