Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cornelis-Christiandy Dilantik 14 Januari 2013

Kompas.com - 06/10/2012, 10:53 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pasangan petahana Cornelis-Christiandy Sanjaya kembali terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat dengan perolehan 52,13 persen suara sah. Keduanya akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar pada 14 Januari 2013, sesuai berakhirnya masa tugas mereka.     

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Barat AR Muzammil, Sabtu (6/10/2012) mengatakan, Cornelis dan Christiandy Sanjaya sudah ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak pilkada Kalbar melalui sidang pleno KPU Kalbar pekan lalu. Cornelis-Christiandy unggul di Kota Singkawang dan sembilan kabupaten dari 14 kabupaten dan kota di Kalbar.     

Mereka unggul atas tiga pasangan lainnya yakni Armyn Ali Anyang-Fathan A Rasyid, Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid, dan Abang Tambul Husin-Barnabas Simin. Total suara sah pilkada Kalbar sebanyak 2.350.026, suara tidak sah sebanyak 38.119 sehingga total partisipasi pemilih sekitar 70,70 persen dari jumlah pemilih yang tercatat pada daftar pemilih tetap sebanyak 3.377.997.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com