Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cornelis Pimpin Kalbar Lagi

Kompas.com - 06/10/2012, 02:44 WIB

PONTIANAK, KOMPAS - Pasangan petahana Cornelis-Christiandy Sanjaya terpilih kembali untuk memimpin Kalimantan Barat, sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018. Mereka meraih 52,13 persen suara sah pada pemilihan umum kepala daerah dan menyisihkan tiga pasang calon lain.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar AR Muzammil di Pontianak, Jumat (5/10), Cornelis dan Christiandy akan dilantik pada 14 Januari 2013, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan mereka.

Pasangan yang kini masih menjabat Gubernur dan Wagub Kalbar itu meraih suara terbanyak di 10 kabupaten/kota dari 14 kabupaten/kota di Kalbar atas tiga pasangan calon lain, yakni Armyn Ali Anyang-Fathan A Rasyid, Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid, dan Abang Tambul Husin-Barnabas Simin.

Cornelis-Christiandy cuma kalah perolehan suara di Kota Pontianak serta Kabupaten Sambas, Kayong Utara, dan Kapuas Hulu. Di tempat asal Cornelis, yaitu Kabupaten Landak, mereka meraih 92,54 persen suara sah.

Cornelis mengungkapkan, sejumlah program yang sudah berjalan akan dilanjutkan, antara lain dalam pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

”Kami berada dalam koridor yang benar dalam menjalankan rencana pembangunan jangka menengah. Target kami untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat tetap menjadi prioritas,” ujarnya.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Pontianak, Eddy Suratman mengungkapkan, Cornelis dan Christiandy harus fokus dalam pembangunan jalan, pelabuhan, dan sektor hilir perkebunan dalam periode kedua kepemimpinan mereka. Eddy juga minta petahana mempertahankan pertumbuhan ekonomi Kalbar minimal 5,9 persen seperti yang kini sudah dicapai.

Deddy Dores di Jabar

Dari Bandung, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, Daday Hudaya, menggandeng musisi Deddy Supriyadi (Deddy Dores) sebagai calon gubernur/wagub Jawa Barat. Keduanya, dengan menumpang delman, Jumat, mendatangi KPU Jabar untuk menyerahkan bukti dukungan sebagai calon kepala daerah dari jalur perseorangan.

Daday juga mengikuti penjaringan calon kepala daerah Jabar di Partai Demokrat. ”Kami membawa dukungan sebanyak 3 juta orang,” kata Daday. Untuk lolos verifikasi awal, setiap pasangan calon perseorangan harus menyertakan dukungan sebanyak 3 persen dari populasi di Jabar, yaitu 1,4 juta nama.

Di Semarang, Jumat, Wagub Jawa Tengah Rustriningsih optimistis akan mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) untuk maju dalam pemilu kepala daerah Jateng tahun 2013. ”Insya Allah rekomendasi jatuh ke tangan saya,” katanya di Solo.

Di Jakarta, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan, Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX akan dilantik sebagai Gubernur dan Wagub Daerah Istimewa Yogyakarta pada 10 Oktober 2012. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY, pelantikan dilakukan oleh presiden. Jika berhalangan, presiden bisa menugaskan wakil presiden atau mendagri. Namun, saat ini belum ada aturan pelaksana untuk pelantikan kepala daerah oleh presiden.

(AHA/EKI/ELD/INA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com