Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mega: Semangat Pela Gandong Harus Tetap Ada

Kompas.com - 03/10/2012, 19:58 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri menilai kehidupan kekeluargaan di Maluku sudah sangat membaik jika dibandingkan dengan kondisi beberap tahun silam. Hal ini karena semangat pela gandong (hidup bersaudara) telah meresap dalam kehidupan orang Maluku.

Hal ini diungkapkan Megawati saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi dan Pemantapan Tiga Pilar Kebangsaan dan kaderisasi tingkat Madya Provinsi Maluku yang dihadiri kurang lebih lima ratusan kader dan simpatisan PDIP Maluku di Baileo Siwalima, Ambon Rabu (3/10/2012) sore. "Semangat pela gandong itu harus tetap ada di hati orang Maluku agar kehidupan kekeluargaan tetap terjaga di anatar masyaraka" katanya.

Mega mengungkapkan, jika semangat pela gandong terus ditumbuhkembangkan maka akan sangat penting manfaatnya untuk melawan segala bentuk provokasi di masyarakat Maluku. Selain pela gandong, Mega meminta warga Maluku terus meningkatkan semangat gotong royong antar sesama. "Kalau pela gandong dan semangat gotong royong terus dipelihara, segala bentuk provokasi apa pun akan dapat diatasi oleh masyarakat Maluku,"ujarnya.

Mega mengisahkan, sewaktu dirinya menjabat presiden dan mengunjungi Kota Ambon saat konflik kemanusiaan berkecamuk, hampir sebagian besar tatapan masyarkat saat itu penuh dengan ketakutan dan kesedihan, namun hal itu telah berlalu dan itu semua karena adanya kesadaran masyarakat serta pentingnya rasa kekeluargaan yang tinggi.

"Tadi saat saya tiba saya melihat begitu banyak warga yang melihat saya dengan tatapan yang sangat berseri-seri. Kalau dulu tatapan masyarakat penuh dengan kesedihan dan ketakutan," kisah Mega disambut riuh tepuk tangan ribuan kader PDIP.

Dalam arahan selama kurang lebih 2 jam itu, Mega juga memuji laju pembangunan di Maluku yang semakin pesat. "Saat ini pembangunan semakin pesat di Kota Ambon, tadi saya dibisik Pak Gubernur, katanya tidak lama lagi pembangunan Jembatan Merah Putih sudah selesai dikerjakan. Saya juga lihat sudah dibangun lagi mal baru di Kota Ambon," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com