Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Serangan Tengah Malam" untuk Jokowi

Kompas.com - 20/09/2012, 02:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang pelaksanaan putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, salah satu calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menjadi target "serangan tengah malam". Pasalnya, pada Rabu (19/9/2012) tengah malam beredar buklet berisi kumpulan artikel mengenai Solo dan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo.

Sekitar pukul 23.40 WIB, buklet setebal 32 halaman berwarna ini dibagikan di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta. Buklet ini dibagikan oleh setidaknya tiga pemuda berusia 20 tahun-an. Salah satu di antara mereka mengenakan kaus hitam dan jaket jeans.

Buklet ini memiliki kata pengantar dan penutup. Sepenggal baris kata pengantar buklet ini berbunyi, "Apakah benar Jokowi berhasil memimpin Solo? Ataukah hanya isapan jempol yang dibesar-besarkan melalui media cetak/televisi di Jakarta?"

Ada 20 artikel dari beberapa kantor berita online yang ada dalam buklet ini, antara lain Harianjogja.com, Solopos.com, Detik.com, Kompas.com, Solopos.com, Mediaindonesia.com, Berita8.com. Harianjoglosemar.com, Liputan6.com, Timlo.net, dan Suaramerdeka.com.

Masing-masing artikel menggambarkan kemacetan yang terjadi di Solo, banjir, kemiskinan, human trafficking, sampah, korupsi, utang PDAM Solo, serta sepinya Pasar Panggungrejo dari pengunjung. Buklet ini tidak memiliki alamat redaksi yang jelas. Tidak diketahui siapa di balik pencetakan buklet ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com