Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghargaan IAGI untuk "Kompas"

Kompas.com - 19/09/2012, 02:24 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS - Harian Kompas memperoleh penghargaan dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Senin (17/9) malam, pada Pertemuan Ilmiah Nasional Ke-41 IAGI di Yogyakarta bertema ”Geology Living with Harmony”. Dua tahun terakhir, Kompas dinilai konsisten dan komprehensif menyosialisasikan kondisi geologi melalui peliputan Ekspedisi Cincin Api.

Ketua Umum IAGI Rovicky Dwi Putrohari mengatakan, Kompas menyosialisasikan dengan baik kondisi Indonesia sebagai kawasan cincin api melalui media cetak, televisi, dan berita online. ”Kami sangat mengapresiasi. Kompas mampu menjelaskan kondisi geologi Indonesia kepada publik,” paparnya.

Kompas juga dinilai berhasil memaparkan kondisi Indonesia yang rawan bencana. Kondisi ini merupakan keunikan tersendiri karena justru menjadikan masyarakat Indonesia punya daya juang terhadap alam.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, nenek moyang mengajarkan masyarakat hidup dalam harmoni dengan alam. Hal itu diterapkan dalam membangun.

”Gempa bumi, tsunami, longsor, dan semburan lumpur panas membuka kesadaran bahwa manajemen kebencanaan kita jauh dari harapan,” kata Sultan. Perlu kembali pada kearifan lokal.

Penghargaan IAGI itu diterima Wakil Redaktur Pelaksana Kompas Bambang Sigap Sumantri. Kompas satu-satunya media yang dapat penghargaan. (ABK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com