Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikat Sabu Dunia Gunakan Jalur Baru

Kompas.com - 12/09/2012, 03:39 WIB

Jakarta, Kompas - Upaya sindikat internasional menggunakan jalur baru untuk penyelundupan sabu di Indonesia mulai terungkap. Sabu kelas satu yang didatangkan dari Iran tak lagi melalui bandar udara internasional di Indonesia, tetapi melalui bandara domestik di daerah.

Bahkan penyelundupan tersebut dilakukan melalui Dili, Timor Leste, sebagai tempat bertolak untuk masuk ke Indonesia lewat jalan darat dan laut.

Dari pengungkapan itu, Badan Narkotika Nasional membongkar jaringan peredaran sabu yang menggunakan jalur baru tersebut. Petugas menangkap 10 pelaku yang terdiri dari kurir dan calon pembeli. Sebanyak 8,6 kilogram sabu yang disimpan dalam tiga kopor disita dari pelaku.

Deputi Pemberantasan BNN Brigadir Jenderal (Pol) Benny Mamoto, Selasa (11/9), mengungkapkan, penggunaan jalur baru tersebut untuk menghindari bandara internasional di Indonesia yang kini semakin ketat pengamanannya. Sebelumnya, sabu diselundupkan dari Afrika melalui Singapura, dan masuk ke Indonesia lewat Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Di Jakarta, awal Januari lalu, terungkap penyelundupan sabu 26,8 kilogram oleh dua kurir lewat dermaga penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. Sabu asal Iran tersebut diselundupkan dari Malaysia ke Indonesia dengan bantuan perahu nelayan untuk masuk ke kawasan kepulauan di Sumatera, hingga akhirnya ke Jakarta lewat jalur laut. ”Mereka menghindari bandara internasional, dan masuk ke bandara kecil dengan pikiran bahwa pengawasannya kurang,” ujar Benny.

Jaringan yang dibongkar kali ini juga menghindari bandara internasional di Indonesia. Jaringan itu dikendalikan seorang warga negara Nigeria yang kini diperkirakan berada di Kuala Lumpur, Malaysia, dan masih menjadi buron.

”Untuk membongkar seluruh jaringan ini, kami menjalin kerja sama dengan kepolisian Diraja Malaysia dan juga kepolisian Timor Leste,” kata Benny.

Tak hanya mengubah pola jalur, jaringan ini juga tak lagi menggunakan warga negara asing sebagai kurir, tetapi warga Indonesia. Salah satunya adalah pria berinisial ES, yang sehari-hari bekerja sebagai anak buah kapal, dan dua kurir yang lain adalah ibu rumah tangga dari Bangka berinisial HS dan SA. Kedua ibu rumah tangga itu ditugaskan sebagai kurir untuk mengambil 8,6 kilogram sabu di India. Dengan menggunakan pesawat, mereka menuju ke Dili, Timor Leste, melalui Kuala Lumpur, Malaysia.

Sesampainya di Dili, SA ikut bergabung dengan ES dan HS untuk masuk ke Indonesia lewat perbatasan Timor Leste-Indonesia di Atambua. Ketiganya ditangkap tim BNN yang sudah mengintai mereka saat masuk ke Indonesia. Dari ketiga kurir tersebut, petugas menangkap 7 pengedar yang memesan sabu.

Peredaran di rutan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com