Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bandingkan DNA Keluarga Thorik dan Korban di Depok

Kompas.com - 09/09/2012, 12:15 WIB
Sabrina Asril

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung Suharsono Radjab mengatakan bahwa korban luka berat akibat ledakan di Depok, Jawa Barat, memang memiliki kemiripan fisik dengan Muhammad Thorik, buron peracik bom rakitan di Tambora, Jakarta Barat. Dalam waktu dekat, polisi akan membandingkan deoxyribonucleic acid (DNA) korban dengan orangtua Thorik untuk mencari kesamaan keduanya.

"Memang ada mirip-mirip. Tapi betul atau enggaknya, nanti kita ambil DNA orangtuanya dan tanya istrinya untuk mengenali. Kalau katakan sekarang itu dia (Thorik), masih terlalu dini," kata Untung, Minggu (9/9/2012) seusai mengunjungi lokasi ledakan di Depok.

Secara fisik, Untung mengakui bahwa wajah korban masih bisa dikenali. Namun, untuk lebih memastikan kepolisian juga mengambil sampel sidik jari korban untuk disamakan dengan sidik jari yang ada di dokumen-dokumen milik keluarga Thorik. "Semuanya ini untuk kepastikan. Berikan kesempatan polisi untuk olah TKP, berikan kesempatan untuk kaitkan dan peroleh kesimpulan apa yang sudah terjadi," ucap Untung.

Thorik merupakan salah seorang buron dalam kasus temuan sebuah bom rakitan setengah jadi di Jalan Teratai 7, RT 02 / RW 04, Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, Rabu (5/9/2012) pukul 14.30 WIB. Awalnya warga menyangka ada kebakaran karena melihat asap dari rumah Iyot, ibu Thorik. Warga sekitar lalu mendatangi rumah tersebut dan mendapati benda itu yang diduga dimilik Thorik.

Saat warga mendekat, Thorik justru kabur dengan masih mengenakan sarung ke arah Jembatan Lima. Tim Gegana langsung mengamankan benda berbahaya itu untuk diteliti lebih lanjut. Di lokasi, aparat kepolisian juga menemukan lembaran pembuatan racun, detonator, bahan-bahan kimia yang diduga serbuk hitam, belerang, sejumlah paku, dan lima buah pipa paralon yang berisi paku di kamar Thorik. Belum diketahui pasti tujuan Thorik memiliki bahan-bahan peledak ini.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Suntana, Thorik ikut terlibat dalam kelompok radikal yang dipantau kepolisian. Seorang perwira polisi di lokasi ledakan di Depok mengatakan, korban luka parah di Depok itu memiliki ciri-ciri fisik yang sangat mirip dengan Thorik melihat dari ciri-ciri fisiknya. "Bentuk tulang muka dan alis sangat mirip," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com