Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin: Singapura Saja Pinjamkan IMF 4 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 06/09/2012, 18:44 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merasa tidak mau kalah dengan sesama negara se-ASEAN lainnya, Indonesia pun ikut memberikan dana ke IMF. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, bukan hanya Indonesia saja yang memberikan pinjaman dana ke IMF.

Menurut Darmin, beberapa negara yang turut memberikan pinjaman kepada IMF antara lain Singapura. Salah satunya adalah Singapura, yang memberikan pinjaman ke IMF sebesar 4 miliar dollar AS.

"Nggak elok kalau nggak ikutan. Singapura saja memberi 4 miliar dollar AS. Kalau Malaysia, Thailand, Filipina, masing-masing memberi 1 miliar dollar AS. Janggal kalau Indonesia nggak kasih. Kelihatan egois sekali," ujar Darmin di gedung DPR, pada saat rapat kerja dengan komisi XI, Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Ia memandang, peminjaman dana sebesar 1 miliar dolar AS ke IMF bisa menambah pamor Indonesia di mata dunia, guna menjaga hubungan bilateral dan multilateralnya.

Selain bisa menjaga hubungan ke negara lainnya, menurut Darmin, pinjaman ke IMF juga dapat memberikan keuntungan secara finansial bagi Indonesia. Ada motif investasi juga yang dapat membuat pamor Indonesia meningkat di mata dunia mendukung jalinnya kerja sama tersebut.

"Pinjaman ke IMF ibaratnya investasi. Ini kan bunganya gede. Bunga dari surat utang ini gede. Cadangan devisa ditaruh di surat berharga. Banyak negara melakukannya. Pamor Indonesia juga bisa terangkat, dianggap berperan di perekonomian dunia," ujar Darmin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com