Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Pengambilan Jenasah G 30 S PKI Meninggal

Kompas.com - 03/09/2012, 16:31 WIB
Edna C Pattisina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayjen Mar (purn) Winanto yang dalam peristiwa G 30 S PKI berperan sebagai komandan tim pengambilan jenasah dari Lubang Buaya,  meninggal, Minggu (2/9/2012) pukul 22.15 di kediamannya di Kompleks TNI AL Jl Pramuka 7. Almarhum dimakamkan Senin (3/9) pada pukul 13.00

 

Winanto adalah salah satu pelaku sejarah. Saat itu, ia berpangkat sebagai Kapten menjabat sebagai Komandan Kompi Intai Para Amphibi (IPAM) KKO (Marinir). Di hari-hari tragedi itu terjadi, tim IPAM sedang berada di sekitar Ancol, persiapan untuk demonstrasi pendaratan Amphibi untuk HUT TNI 5 Oktober 1965.

 

Kemampuan Para Amphibi untuk menyelam dianggap mampu untuk evakuasi jenasah yang ada di lubang yang sempit dengan risiko gas beracun. Berkat hubungan yang baik dengan Kostrad dalam operasi-operasi bersama sebelumnya, IPAM cepat ikut serta membantu evakuasi. Dengan berbekal baju selam dan masker, operasi dilakukan. Ada dua belas anggota IPAM yang ikut serta dalam operasi ini.

 

Menurut keterangan pers Korps Marinir, Winanto lahir di Solo, 6 Maret 1935. Winanto pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 1988-1990.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com