Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary Clinton Akan Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 29/08/2012, 13:36 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk akan singgah ke China dan Rusia.

Kunjungan ke enam negara tersebut akan dijadikan kesempatan bagi Clinton untuk mendiskusikan kondisi di kawasan Laut China Selatan yang memanas belakangan ini.

Clinton akan mengawali kunjungannya ke Kepulauan Cook pada Jumat (31/8/2012) dan akan berbicara dengan sejumlah pemimpin di kawasan kepulauan Pasifik. Dia kemudian akan melanjutkan kunjungannya ke Indonesia, China, Brunei, dan Timor Leste.

Kunjungannya ke Timor Leste akan membuat dirinya menjadi menteri AS pertama yang berkunjung ke negara itu.

Tidak hadiri konvensi

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland, mengatakan bahwa Clinton akan mendiskusikan kondisi Laut China Selatan dengan pemimpin negara-negara yang akan dikunjunginya.

Setelah selesai melakukan kunjungan di kawasan Asia Pasifik, Clinton akan langsung menuju Vladivostok, Rusia, untuk mengikuti pertemuan tingkat tinggi tahunan forum Kerja Sama Ekonomi Negara Asia Pasifik (APEC) pada tanggal 8-9 September nanti.

Kepergian Clinton ini juga sekaligus memastikan ketidakhadirannya dalam acara Konvensi Partai Demokrat yang akan berlangsung pada tanggal 4-6 September mendatang.

Dalam konvensi itu, Partai Demokrat secara resmi akan mengumumkan dukungan mereka kepada Barack Obama sebagai calon presiden mereka dalam pemilu yang akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Ketidakhadirannya ini merupakan yang pertama sejak tahun 1968. Namun, Clinton dikabarkan akan terus mengikuti acara dalam konvensi tersebut melalui televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com