Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cipularang dan Cikampek Macet

Kompas.com - 22/08/2012, 23:58 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Hingga menjelang tengah malam ini jalan tol Cipularang dan Cikampek-Jakarta masih macet. Kemacetan di Tol Cipularang arah Jakarta mencapai 23 kilometer.

Selain pertemuan arus lalu lintas dari jalur Pantura lewat Tol Cikampek dan arus dari Cileunyi/Bandung lewat Tol Cipularang, kemacetan juga dipicu banyaknya kendaraan yang keluar masuk Rest Area di KM 62.

Akibatnya, diperlukan waktu sekitar dua jam untuk bisa lolos dari kemacetan sepanjang 23 km di Tol Cipularang-Cikampek.

Seperti diberitakan sebelumnya, kemacetan terjadi sejak Km 85 Tol Cipularang menuju Jakarta. Saat melalui Km 66, kemacetan mulai berkurang. Namun lalu lintas baru betul-betul lancar setelah Km 62. Mendekati Km 62, kendaraan berebut untuk masuk ke lajur kiri masuk ke rest area di Km 62. Akibatnya dua dari empat lajur jalan terpakai untuk antrean mobil yang hendak masuk rest area.

Karena terlalu padatnya rest area di Km 62, tidak sedikit mobil yang kemudian memilih berhenti di bahu jalan tol untuk beristirahat atau buang air kecil.

Untuk diketahui, selain rest area di Km 62, terdapat rest area di Km 43. Di rest area ini tidak terlihat kepadatan seperti di rest area Km 62. Fasilitas yang tersedia pun sama, diantaranya stasiun pengisian bahan bakar, restoran, mini market, dan toilet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com