Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Dukung Jokowi-Ahok?

Kompas.com - 20/08/2012, 14:41 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ormas Nasional Demokrat Surya Paloh tidak membantah tapi juga tidak mengiyakan informasi adanya dukungan Nasional Demokrat bagi pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012. Secara diplomatis ia menyatakan, Nasdem mendukung pihak yang dinilai mampu dan paling pantas memimpin Jakarta.

"Bisa saja Nasdem mendukung Jokowi. Tapi, yang terpenting kami mendukung siapa yang dinilai bisa membawa perubahan bagi Jakarta ke depan," kata Surya Paloh kepada kompas.com seusai bersilaturahim ke kediaman Jusuf Kalla di Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2012) siang.

Ia menerangkan, dukungan pada tokoh yang dianggap berkualitas bisa saja dilakukan pihaknya. Namun, saat ini belum ada dukungan khusus baik terhadap pasangan Jokowi-Ahok maupun kepada pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Terkait dukungan yang muncul dari kalangan Nasdem pada putaran pertama, ia menilai sebagai suatu kewajaran. Namun, dukungan seperti itu lebih bersifat personal. "Wajar saja jika ada anggota Nasdem yang bersimpati kepada Jokowi dan membantu pemenangannya. Tapi, itu kebebasan bagi anggota kami, sifatnya personal," sambung Surya Paloh.

Sebelumnya, beredar informasi Partai Nasdem akan bergabung dengan koalisi rakyat yang digalang PDIP-Gerindra dengan mengusung pasangan Jokowi-Ahok. Dalam Pemilukada DKI putaran kedua nanti mereka akan berhadapan dengan koalisi partai politik-partai politik besar yang mengusung pasangan Foke-Nara. Parpol-parpol tersebut adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, PPP, PKB, dan PAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com