Kompas.com - 19/08/2012, 22:18 WIB
EditorBenny N Joewono

CIREBON, KOMPAS.com - Sejumlah pemudik menyerbu makanan khas Cirebon, Jawa Barat, yakni kerupuk melarat untuk oleh-oleh keluarga mereka.

Pedagang kerupuk melarat khas Cirebon di jalan Plered by pass Cirebon mengaku, memasuki H-7 jelang lebaran Idul Fitri omzet penjualan mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa, makanan ringan tersebut cukup diminati ribuan pemudik dari Jakarta.

"Kerupuk melarat merupakan makanan ringan hasil olahan masyarakat Pantura Kabupaten Cirebon," kata Latief, seorang pedagang kerupuk di Jalan Plered, Minggu (19/8/2012).

Latief mengatakan, penjualan selama arus mudik lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah meningkat, sehingga mereka sulit memenuhi permintaan pemudik.

"Kerupuk melarat terbuat dari tepung tapioka dicampur dengan aneka bumbu alami, keunikannya yakni digoreng menggunakan pasir yang sudah disaring, tidak pakai minyak goreng, keunggulan lain kerupuk tersebut tahan lama dan gurih," katanya.

Sementara itu Sugiono salah seorang pemudik asal Jakarta di Cirebon mengaku, melintasi Cirebon banyak pilihan makanan khas daerah Pantura, seperti empal gentong, nasi Jamblang, sirop sampolay, namun yang paling unik yaitu kerupuk melarat proses pengolahan hingga matang tidak menggunakan minyak goreng.

Rasa gurih dan reyah, kata dia, menjadi daya tarik konsumen sehingga memilih kerupuk melarat tersebut, harganya terjangkau hanya Rp 6.000 per bungkus, untuk keluarga membeli empat bungkus sudah cukup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Unah perajin kerupuk melarat di Plered Cirebon mengaku, sejak awal bulan Ramadhan permintaan kerupuk melarat khas Cirebon terus meningkat, dirinya sering kesulitan memenuhi pesanan pelanggannya, karena proses pembuatan secara tradisional sehingga produksi terbatas.

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk melarat, kata dia, hanya menggunakan tepung tapika dicampur bumbu racikan khusus alami, untuk pewarna perajin selalu menjaga tidak memakai bahan berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.