Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Tarif Hotel di Moskwa Termahal di Dunia

Kompas.com - 19/08/2012, 13:29 WIB

KOMPAS.com — Tarif kamar hotel di Moskwa ternyata termahal di dunia, berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini. Menurut penelitian yang dilakukan di 50 kota di seluruh dunia tersebut, tarif kamar di ibu kota Rusia itu menunjukkan harga termahal dibanding destinasi lainnya.

Predikat termahal ini disematkan pada kota Moskwa selama delapan tahun berturut-turut. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh perusahaan manajemen perjalanan Hogg Robinson Group, ditemukan bahwa tarif rata-rata kamar hotel di Moskwa mencapai 258,11 poundsterling atau sekitar Rp 3,8 juta.

Selama 12 bulan belakangan, tarif kamar hotel di Moskwa mengalami peningkatan sebesar 3 persen. Sementara itu, Lagos, kota di Nigeria, menjadi kota kedua termahal untuk tarif kamar hotel dengan kisaran rata-rata tarif sebesar 217,05 poundsterling atau sekitar Rp 3,2 juta.

Menurut penelitian tersebut, kenaikan dan mahalnya tarif kamar hotel terkait dengan meningkatnya jumlah pelancong bisnis yang datang ke Lagos. Para pelancong bisnis tersebut datang berhubungan dengan industri minyak di negara tersebut.

"Pelancong ke Lagos juga sadar mengenai isu keamanan di kota tersebut sehingga mereka lebih memilih untuk berdiam diri di akomodasi bintang lima," ungkap penelitian tersebut.

Walaupun Geneva, Swiss, mendapatkan peringkat ketiga, dalam penelitian itu disebutkan bahwa tarif kamar hotel di seluruh Eropa mengalami penurunan ataupun konstan. Group Commercial Director HRG Stewart Harvey menuturkan, "ketidakpastian" menyebabkan penurunan tarif kamar menginap di sebagian besar negara-negara di Eropa.

Ungkapan "ketidakpastian" yang dimaksud timbul akibat krisis ekonomi yang tengah melanda negara-negara di Eropa. Kota Barcelona di Spanyol, misalnya, mengalami penurunan hingga 22 persen. Begitu pula dengan hotel-hotel di Dublin, Irlandia.

Sebaliknya, berdasarkan penelitian tersebut, kota-kota di Amerika Latin malah menunjukkan perkembangan yang kuat pada enam bulan pertama tahun 2012. Di kota Sao Paulo, Brasil, terjadi peningkatan tarif kamar hotel sebesar 23 persen.

Kota Meksiko menjadi kota dengan peningkatan tarif kamar hotel tertinggi, dengan kenaikan sebesar 30 persen akibat meningkatnya kunjungan ke kota tersebut. Rata-rata tarif kamar hotel di kota itu adalah 105,65 poundsterling.

Penelitian itu menunjukkan tarif kamar hotel mengalami peningkatan di Tokyo setelah mengalami pemulihan pascagempa bumi dan tsunami tahun lalu. Hal serupa juga terjadi di Dubai yang mengalami peningkatan pascareformasi Arab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com